Kamis, 08 Maret 2012

PELATIHAN LABORATORIUM KOMPUTER IPDN KAMPUS SUMBAR


 By: White Lotus

Pelatihan Laboratorium Komputer  di Institut Pemerintahan Dalam  Negeri Kampus Sumatera Barat merupakan serangkain lanjutan program pelatihan yang diadakan oleh civitas akademika IPDN kampus Sumatera Barat. Dimana sebelumnya pada hari Senin – Selasa, tanggal 8- 9 Februari 2012 telah  diadakan Pelatihan Bahasa Inggris bagi para praja maupun staf dan karyawan IPDN sendiri. Acara Pelatihan Komputer ini diselenggarakan selama 2 hari, pada tanggal 15- 16 Februari 2012, yang sebelumnya dibuka pada hari Rabu, 15 februari 2012 pada pukul 09.00 WIB. Acara ini dibuka oleh Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat dimana dalam hal ini diwakili oleh Bapak Rotzami, M.Si selaku Pembantu Direktur  3 bagian Keprajaan.
Pada acara pembukaan pelatihan komputer ini dihadiri pula oleh bapak Drs. Heryman selaku kabag akademik dimana beliau juga sebagai ketua Panitia Penyelenggara, Ibu Dra Hj. Sri Hartati, M. Si selaku Kasubag Pelatihan dan para staf maupun karyawan IPDN. Dalam pelaporannya sebagai ketua Panitia Penyelenggra pelatihan ini beliau melaporkan bahwa peserta yang mengikuti  pelatihan komputer ini berjumlah 50 orang. Selain peserta yang berasal dari praja sendiri ternyata pelatihan ini juga diikuti oleh para staf, karyawan dan karyawati di IPDN Kampus Sumatera Barat ini, sehingga diharapkan tidak hanya praja yang mampu dalam menggunakan animasi multimedia, namun juga civitas akademika yang lainnya.
Setelah  acara tersebut dibuka oleh Bapak Rotzami M.Si pelatihanpun dimulai  pada pukul 10.00 WIB. Adapun nara sumber yang menyajikan materi Pelatihan Komputer ini berasal dari Universitas Andalas yang berada di Payakumbuh. Beliau bernama Bapak Amrizal S.Kom, M.Kom. Pelatihan  Laboratorium komputer ini bertemakan “ Animasi Multimedia untuk Pembuatan Materi Pembelajaran Interaktif ”. Proses pelatihan komputer ini dibagi menjadi beberapa season, dimana dalam season- season tersebut kami mempelajari beberapa animasi diantaranya, yaitu : SHISH Max-4 (download), Trendy flas(download), Adobe Photosop (download), Winsnap (download), CC Cleaner (download), Macromedia Flash (download), dan Zoomit (download).
Pada pertemuan hari kesatu bapak Amrizal fokus menyajikan animasi mengenai materi Shish Max-4, dimana animasi Shish Max- 4 ini kita dapat mempelajari mengenai animasi 2D dimana  keunggulan dari Swish Max ini lebih kompleks, terdapat kemudahan- kemudahan yang baik dalam hal teks, image, grafik, suara maupun lainnya yang lebih  tidak rumit dibandingkan dengan animasi Flash. Animasi Shish Max-4 ini memang memberikan animasi 2D yang lebih mudah. Hari kedua pelatihan komputer ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diman direcanakan sesuai jadwal pelatihan bahwa, hari kedua sekaligus sebagai hari terakhir pelatihan komputer ini akan dijelaskan mengenai penggunaan animasi Trendy flash, Adobe Photoshop, Winsnap, CC Cleaner, Macromedia Flash, dan Zoomit. Season pertama diajarkan bagaimana penggunaan animasi Trendy flash tersebut. Animasi Trendy ini dapat digunakan untuk penggunaan materi dalam presentasi, dianimasi ini diberikan cara yang lebih mudah dan dengan model yang bervariasi, dimana kita hanya dibebankan untuk memasukan data, gambar, musik atau yang lainnya apbila kita akan menggunkan animasi dari Trandy Flash tersebut.
Season kedua kami diajarkan mengenai Winsnap, Adobe Photoshop sampai pada jam ishoma sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah ishoma, pelatihan dimulai kembali pada pukul 14.00 WIB, dimana diseason yang ketiga ini kai diajarkan tentang CC Cleaner, zoomit, Winsnap, dan diakhiri dengan animasi Macromedia Flash. Adapun materi tentang animasi Winsnap yaitu untuk memotong image yang kita inginkan. Animasi CC Cleaner untuk membersihkan data-data yang pernah kita download, tapi tidak bersifat menghapus, hanya bersifat menyapu dan membersihkan. Sedangkan animasi Zoomit bermanfaat untuk membesarkan bagian yang kita inginkan, selain itu juga terdapat animasi dari zoomit yang benar- benar bermanfaat dalam proses presentasi. Dan diakhir peltihan kami diajarkan mengenai macromedia flash yang dimana animasi ini dapat digunkan untuk presentasi dengan kemudahan yang lebih banyak.
Pelatihan komputer ini memang terlalu singkat , bila untuk dapat mengaplikasikan dan menguasai materi animasi yang diberikan oleh nara sumber. Nara sumbr,r Bapak Amrizalpun mengatakan bahwa sebenarnya materi animasi Shish Max saja Beliau ajarkan untuk satu semester di Universitas Andalas,  sehingga Beliau sangat memaklumi jika dalam penguasaan terhadpa materi- materi yang disampaikannya padda 2 hari pelatihan tersebut dengan beberapa materi Beliau hanya menyampaikan inti dari animasi materi- materi tersebut. Sehingga Beliau juga mengatakan dan mengaharapkan untuk  tidak menutup kemungkinan bagi rekan- rekan yang terus berlatih, tidak putus asa dan konsisten untuk tetap mencoba menggunakan animasi materi yang ada sehingga dapat pula membantu adanya proses pembelajaran yang interaktif.

Diakhir pelatihan komputer ini sebelum diadakan penutupan, sebelumnya kami para peserta pelaithan diberikan kertas sebuah laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan komputer ini  dimana berisilan mengenai  tiga point pertanyaan diantaranya yaitu tanggapan terhadap materi yang disajikan, tentang tata cara narasumber menyajikan dan saran dari kami pribadi sebagai peserta pelatihan. Adapun tanggapan kebayakan dari reakn rekan peserta pelatihan bahw amereka merasa puas dan menyenagkan dengan adanya pelatihan tersebut, banyak hal materi baru yang kami dapatkan, animasi yang jauh lebih memudahkan dalam penggunaanya, dan kami merasa nara sumber begitu baik menyampaikan materi, karena Beliau tidak hanya menjelaskan dna mempraktekkan, namun Beliau juga turut untuk mendatangi kami selaku peserta peltihan satu- persatu sehingga ada hubungan impersonal yang sangat baik dengan nara sumber.
Acara pelatihan komputer ini ditutup sekitar pukul 17.00 WIB oleh Bapak Drs. Heryman selaku ketua panitia penyelenggara dimana Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Amrizal, yang bersedia untuk kedua kalinya bekerja sama denagn IPDN dan membantu dalam peningkatan penggunaan materi- materi komputer yanga ada. 
Saran dari para peserta pelatihan kebanyakan mereka mengharapkan adnaya jadwal pelatihan yang terus berkelanjutan, kontinyu sehingga tidak hanya dengan dua hari saja tapi dapat dilakukan untuk sebulan sekali, atau dengan jadwal yang ditentukan. Akhirnya bagi para peserta pelatihan ingatlah bahwa Hal mudah akan terasa sulit jika yang pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa Kita memilki kemampuan, tidak ada yang sulit bila dikerjakan dengan  sepenuh hati. Tetap semangat untuk terus menciba, pantang menyerah, karena ingatlah bahwa ALLAh punya 3 rencana terhadap apa yang kita inginkan,
-       Pertama : YA, Dia berikan sesuai dengan keinginan kita.
-       Kedua    : TIDAK, Dia  berikan yang lebih baik.
-       Ketiga    : TUNGGu, Dia sedang memilihkan yang terbaik untuk kita.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar