Jumat, 09 Maret 2012

Study Wisata ala Praja IPDN Kampus Sumbar


Dalam mengisi kegiatan kosong sembari menunggu jadwal akademik semester 6 bagi nindya praja, hal tersebut diisi dengan kegiatan – kegiatan menarik seperti study wisata yaitu mengunjungi milik sastrawan Taufik Ismail, siapa sih anak Indonesia yang tidak kenal dengan sosok bapak puisi ini ???
Sekilas informasi bapak taufik ismail lahir di nagari koto laweh kabupaten tanah datar 76 tahun yang lalu beliau mendirikan rumah puisi pada tahun 1998 atas gagasan istrinya uni ati rumah puisi taufik ismail terletak di nagari aiek angek kabupaten tanah datar tempatnya sangat strategis diatas bukit kecil, terlihat jelas bentuk dan rupa dari gunung merapi dan gunung singgalang, suasana dirumah puisi ini sejuk terlihat pemukiman warga serta ladang sawah yang tertata rapi nagari pandai sikek ikut mempercantik pemandangan rumah puisi taufik ismail.
Rumah puisi merupakan gabungan dari perpustakaan yang berisi 7000 judul buku milik taufik ismail dan buku-buku milik sastrawan tanah air maupun mancanegara, tempat pelatihan guru bahasa dan sastra, sanggar siswa membaca buku dan berlatih menulis, tempat sastra minangkabau di apresiasikan dan tempat untuk berinteraksi para sastrawn tanah air.
Setelah kurang lebih 2 jam berada didalam rumah puisi perjalanan dilanjutkan ke kota padang panjang tepatnya ke pusat kebudayaan minangkabau (minangkabau village). Berada didalam rumah gadang (rumah adat suku minangkabau-sumbar) ternyata asyik selain bentuknya yang unik dengan ujung atap yang menjulang keatas, ukiran dinding yang indah dan penuh makna.
Kami serasa kenyang dan lengkap berada disana dengan suguhan legenda malin kundang, siti nurbaya, dan juga prolog tradisi merantau bagi anak laki-laki di sumatera barat.
Menarik dan luar biasa, jumat (10/2) bagi 30 orang nindya praja. Tidak sia-sia bagi kami menginjakan kaki di ranah minang ini, banyak hal dan manfaat yang akan dibawa pulang seperti potongan kata kiasan berikut ini “bilo pueh agiak tau nanlain”. (safrol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar